Jumat, 09 Mei 2014

RANGKAIAN FLIP FLOP DENGAN 2 LAMPU



Ada banyak rangkaian lampu sederhana dan menarik yang bisa kita buat, misalnya rangkaian flip flop. Biasanya orang yang baru belajar elektronika akan tertarik membuat rangkaian flip flop yang memakai dua buah lampu led dan kedua buah lampu led tersebut bisa menyala bergantian. Membuat rangkaian flip flop tidak membutuhkan banyak biaya, cukup dengan beberapa ribu rupiah anda bisa membuat rangkaian flip flop.
Pada artikel ini kita membahas rangkaian flip flop yang sederhana, murah dan bisa dibuat oleh pemula. Rangkaian ini tidak banyak menggunakan komponen, hanya mempergunakan sebanyak 10 komponen elektronika. Nah untuk lebih jelasnya silakan lihat skema rangkaian dan penjelasan yang ada dibawah ini.




Skema Rangkaian Flip Flop
Sederhana sekali bukan rangkaian diatas? Rangkaian diatas hanya memerlukan beberapa komponen saja, daftar komponen ada pada daftar dibawah ini :


R1  = 22K Ohm
R3  = 22K Ohm
R2  = 150 Ohm
R4  = 150 ohm
C1  = 47uF / 16 Volt
C2: = 47uF / 16 Volt
TR1 = FCS913
TR2 = FCS913
Baterai = 3 – 12 Vol
Led 4 buah

Anda dapat mencoba rangkaian diatas sebagai eksperimen anda dalam belajar elektronika. Perlu diperhatikan dalam pemasangan komponen kapasitor/elco, transistor dan juga lampu led tidak boleh terbalik karena akan mempengaruhi kinerja rangkaian atau tidak dapat bekerja sama sekali. Perhatikan kutub-kutubnya, namun untuk pemasangan resistor maka tidak jadi masalah jika terbalik dalam pemasangannya karena memang tidak ada kutubnya. untuk transistor dapat anda cari datasheetnya agar tidak terbalik pemasangan kakinya.
Apa kegunaan rangkaian flip flop ini untuk kebutuhan manusia? Jawabnya banyak sekali karena rangkaian ini dapat digunakan untuk lampu sen pada motor dan mobil serta hiasan pada etalase. Tegangan yang diperlukan untuk menyalakan rangkaian ini adalah sebesar 3 – 12 volt. Anda dapat mempergunakan baterai ataupun adaptor.
Jika sudah jadi dan rangkaian dapat bekerja dengan baik maka anda dapat bereksperimen kembali dengan mengganti nilai R1 & R3 atau juga nilai kapasitor C1 & C2. Penggantian komponen tersebut dapat merubah waktu berkedip lampu flip flop menjadi lebih cepat ataupun lebih lambat. Rangkaian flip flop adalah proyek yang sangat simpel, selamat bereksperimen dan semoga sukses.

http://elektron.web.id/skema/rangkaian-flip-flop-dengan-2-lampu-led/
http://elektron.web.id/wp-content/uploads/2013/10/rangkaian-flip-flop.jpg


2 komentar:

Unknown
9 Maret 2015 pukul 01.12

ada tang lebih sederhana gak?

Unknown
4 September 2015 pukul 00.21

Ada buat tp 3 nyala 1 nggak..masalahnya apa gand..???

Posting Komentar