Jumat, 09 Mei 2014

RANGKAIAN LISTRIK PARALEL



Rangkaian Paralel adalah jenis rangkaian listrik yang memiliki cara pemasangan antar komponen secara berderet. Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun secara sejajar, rangkaian paralel memiliki rancangan yang lebih kompleks dan komponen yang lebih banyak. Suatu Rangkaian Paralel sederhana minimal membutuhkan switch, hub atau node penghubung, indicator, dan sumber tegangan. Ciri khas rangkaian ini adalah adanya percabangan pada suatu titik yang terhubung dengan salah satu komponen inidikator. Rangkaian jenis ini sering diaplikasikan pada rumah-rumah warga. Penerapan hukum ohm juga lebih sulit karena rumitnya cara pencarian hambatan. V=I.R ; Rtotal=1/R1+1/R2+1/R3+…1/RN.
Rangkaian paralel juga memiliki kelebihan seperti memiliki lintasan aliran arus yang teratur karena susunan dari rangkaian tersebut yang paralel. Selanjutnya Jika terjadi kerusakan pada suatu komponen maka ini tidak akan berdampak atau berpengaruh terhadap komponen lain. Selain itu penerapan rangkaian pararalel cocok diaplikasikan pada konsep dan cara pedistribusian listrik dari perusahaan penyedia singtkatnya sangat tepat unutuk kepentingan distribusi listrik ke rumah-rumah konsumen. Pengukuran terhadapbesranya nilai-nilai arus yang mengalir pada sebuah medium pun akan memliki tingkat akurasi yang tinggi.

 
Gambar Skema Rangkaian Paralel





Rangkaian paralel ini juga memiliki beberapa kekurangan karena beberapa hal. Seperti : rancangan yang kompleks atau rumit menjadi beban untuk seorang instalator dalam membuat skema. Komponen yang diperlukan pun cukup banyak apalagi kita harus meyertakan node penghubung di setiam titik percabangan. Biaya yang dikeluarkan pun pastinya lebih mahal melihat beberapa kelemahan yang telah disebutkan sebelumnya. Oleh sebab itu sebelum anda memasang atau menginstalasi seperangkat rangkaian listrik factor ekstern juga perlu diperhatikan mulai dari untuk apa fungsi rajngkaian tersebut dan lain sebagainya. Demikian sekilas tentang rangkaian paralel yang initinya adalah rangkaian parallel lebih cocok digunakan untuk kepentingan distribusi listrik dari perusahaan penyedia kepada konsumen. Semua itu dipakai sesuai kepentingan dan kebutuhan masing-masing. Jika kita sudah berbicara tentang arus kuat dan arus lemah dalam penghantaran melalui rangkaian parallel tentunya akan membuka suatu topic yang lebih dalam lagi.
Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian paralel, semoga artikel rangkaian yang barusan kami bahas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. 


http://komponenelektronika.biz/wp-content/uploads/2014/02/Rangkaian-Paralel.jpg
http://komponenelektronika.biz/rangkaian-paralel-dan-seri.html

0 komentar:

Posting Komentar